PETANI TIDAK MAMPU PENUHI PESANAN EMPON-EMPON DAN TEMULAWAK

 

BLORA,suaramerdeka.com – Sejumlah petani empon-empon dan temulawak yang ada di Desa Ngliron, Kecamatan Randublatung, Blora terkendala dengan belum adanya sertifikasi bibit. Sehingga belum bisa mengirimkan benih Temulawak. Padahal sudah mendapatkan pesanan dari Magelang sebesar 50 ton.

“Karena sertifikat benih belum ada sehingga menjadi kendala,” kata Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sidodadi Mulyo Desa Ngliron, Kecamatan Randublatung Blora, Panut, Rabu (12/9).

Tanaman tersebut menurut Panut dalam waktu dekat akan di teliti oleh pihak yang akan memberikan sertifikasi apakah memang layak untuk bibit atau tidak. Saat ini sudah dikembangakn oleh petani di lahan milik Perhutani seluas enam hektar dan empat hektar di antaranya untuk benih/bibit.

Selain terkendala sertifikat itu, petani yang ada juga tidak mampu memenuhi pesanan sebesar 50 ton karena masih sedikitnya petani yang menanam disamping juga saat ini musim kemarau sehingga tanaman empon-empon tidak bisa tumbuh dengan optimal.

Sementara itu Adminstratur/KKPH Randublatung Herdian Suhartono mengatakan bahwa dari sekitar 700 petani atau anggota LMDH yang menanam empon-empon ada sekitar 13 orang, sedangkan temulawak juga ada 20 orang sehingga masih sedikit sekali.

Padahal potensi sebenarnya ada, namun karena jumlah lahan dan petani yang masih sedikit, sehingga pesanan yang jumlahnya mencapai 50 ton dari Magelang belum bisa dipenuhi, selain terkendala masalah sertifikasi bibit yang saat ini belum juga keluar. “Termasuk tanaman budidaya baru jadi masih sedikit masyarakat yang menanamnya, padahal potensi masih banyak,” katanya.

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah

Telp : 024-8413631 / Fax : 024-8443142


Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah
Jl. Pahlawan No. 15-17 Semarang (50241)
email - perhutanijawatengah@yahoo.com
Yahoo Mesenger
joins us


ShoutMix chat widget

 

Copyright © 2019 Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah · All Rights Reserved