Perhutani Randublatung Serahkan Sharing 2,8 M

image

RANDUBLATUNG  - Perhutani KPH Randublatung menyerahkan dana sharing produksi tahun 2011  kepada 24 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dengan total nilai Rp 2,8 miliar, Selasa (11/9) lalu.  Penyerahan dilakukan oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho yang didampingi Administratur KPH Blora, Herdian Suhartono, Kapolres Blora AKBP Kukuh Kalis Susilo, Dandim 0721/Blora Letkol Kav Abdul Haris, Kepala Dinas Kehutanan Blora Reni Miharti serta Camat dan Muspika Randublatung.

Dana sharing diberikan langsung oleh Bupati Blora kepada Ketua LMDH Sidodadi Mulyo, Panut.  Dalam arahannya, bupati mengatakan bahwa dana tersebut  harus dimanfaatkan dengan baik, dan digunakan untuk  kegiatan produktif dan menghasilkan supaya ada peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Administratur KPH Randublatung, Herdian Suhartono mengatakan nilai sharing per LMDH bervariasi.  ”Salah satu LMDH mendapatkan, yaitu LMDH Sidodadi Mulyo Desa Ngliron, Kecamatan Randublatung, Blora sebesar  Rp 880 juta dan, LMDH Langgeng Jati, Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung sebesar Rp 300 Juta,” kata Herdian.

Menurut Herdian, LMDH merupakan mitra sejajar dari Perhutani dengan bentuk kerjasama dengan menguntungkan baik itu secara social dan hokum. Karena itu, adanya hasil produksi hasil tebangan hutan mmaka LMDH selaku lembaga yang ikut ambil bagian dalam rangka menjaga dan merawat hutan mendapatkan dana yang ada tersebut. ‘’Sejak tahun 2002 sampai sekarang LMDH Sidodadi Mulyo sudah menerima dana Rp 1,5 miliar,’’katanya. Adapun penggunaan dana tersebut diatur sesuai dengan prosentase yang telah disepakati bersama antara LMDH Perhutani dan Asosiasi LMDH, dimana porsi usaha produktif mendapatkan prioritas utama.

Sementara itu Ketua LMDH, Panut mengatakan, selama ini dana sharing yang sudah diterima digunakan sesuai dengan keperuntukannya, seperti usaha produktif dengan membentuk koperasi. Selain itu untuk pembangunan fisik, seperti cor beton di setiap dusun, kesehatan dengan penguatan posyandu serta mengembangkan empon-empon dan temulawak.

‘’Dana yang ada selalu disosialisasikan akan digunakan untuk apa saja, seperti pengembangan untuk empon-empon dan koperasi yang perkembangannya cukup baik,’’ kata Panut


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah

Telp : 024-8413631 / Fax : 024-8443142


Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah
Jl. Pahlawan No. 15-17 Semarang (50241)
email - perhutanijawatengah@yahoo.com
Yahoo Mesenger
joins us


ShoutMix chat widget

 

Copyright © 2019 Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah · All Rights Reserved