Getah Mutu I Plus KPH Kedu Selatan

KPH Kedu Selatan berhasil mencetak rekor sadapan dengan rendemen diatas 95 % dan baru merupakan satu-satunya rimba yang sukses menembus rendemen tertinggi. Prestasi tersebut diukir hanya dalam kurun empat bulan sejak Agustus hingga Oktober 2011. Bahkan dalam kurun itu juga KPH yang memiliki sekitar 3,6 juta pohon sadapan pinus ini dalam kurun itu juga telah berhasil mengolah sebanyak 250 ton getah di PGT Sapuran dan Winduaji.
Ini kita lakunan dalam menuju ' Era Getah Bersih' KPH Kedu Selatan," kata Adm/KKPH Kedu Selatan, Ir Agus Priantono.
Dikatakan Agus, dulu untuk mencapai rendemen 85 % sangat sulit, tapi dengan perlakuan khusus, seperti menekan kadar kotoran sadapan dan pengawasan serta kontrol di lapangan secara intensif bisa meningkatkan angka rendemen. Kebersihan dari sejak awal dilakukan pembaharuan dan perlakuan dari pergantian batok sampai ke peti pikul harus diperhatikan agar terhindar dari kotoran sebelum disetor ke TPG. Dan di TPG sendiri sebelum dikirim ke pabrik juga dilakukan filterisasi lagi. KPH Kedu Selatan berhasil menekan kadar kotoran getah sadapan 4,18 %. Angka yang dinlai sudah sangat rendah untuk mutu sadapan.
Getah terbaik dengan kadar kotoran rendah tersebut diberi nama Getah Mutu I Plus.
Tujuan mendapatkan getah bersih itu  ditegaskan Agus disamping dalam upaya meningkatkan mutu getah pinus sendiri juga untuk meningkatkan pendapatan. Karena dengan meningkatnya rendemen otomatis angka yang diperoleh juga akan lebih besar. Apa yang telah dicapai KPH Kedu Selatan ini ia nilai sangat signifikan sekali.
" Dan itu kita capai dengan wajar saja. Artinya hanya dengan perlakuan-perlakuan yang riil dan fakta," tegas Agus yang memimpin KPH penghasil getah pinus terbesar kedua di wilayah Perum Perhutani Unit I Jateng ini.
Keberhasilan tersebut ditambahkan juga tak lepas dari biaya cash and carry penerimaan getah yang diberikan ke penyadap sebesar Rp 4.000 yang diberikan setiap saat. Peningkatan upah dari biasanya yang hanya Rp 2.900 ini menjadi motivasi dan semangat para penyadap.Sekarang penyadap yang sebelumnya rata-rata per pohon diperoleh 9 sampai 10 gram getag per hari, kini 15 sampai 20 gram per pohon sudah bisa tercapai.
Diperolehnya Getah Mutu I Plus tersebut ditambahkan Kasi PSDH KPH Kedu Selatan, Hartanto SE juga telah mendongkrak pencapaian MPS dan bisa menutup kekurangan pendapatan pada bulan-bulan sebelumnya.
" Sampai saat ini kita sudah keep MPS 87 %, ada kelebihan 0,15 %. Sebenarnya menurut hitungan strategi KPH kita masih minus 5,3 %," kata Hartanto yang berharap sampai akhir Nopember MPS 100,2 % yang menjadi strategi KPH ini bisa tercapai.
KPH Kedu Selatan sampai akhir tahun berharap bisa mengolah 350 sampai 400 ton getah yang menghasilkan Mutu 1 Plus.

Sumber   : Majalah BINA
Edisi        : Nopember 2011

Tue, 14 Aug 2012 @16:50


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah

Telp : 024-8413631 / Fax : 024-8443142


Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah
Jl. Pahlawan No. 15-17 Semarang (50241)
email - perhutanijawatengah@yahoo.com
Yahoo Mesenger
joins us


ShoutMix chat widget

 

Copyright © 2019 Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah · All Rights Reserved