MoU BIDANG PERDATA DAN TUN KEJATI dengan PERHUTANI UNIT I JATENG

 

MoU BIDANG PERDATA DAN TUN

KEJATI – PERHUTANI UNIT I JATENG 

 

Dalam pelaksanaan tugas, khususnya dalam hal pengamanan aset kawasan hutan sering kali kami menghadapi berbagai permasalahan hukum baik di bidang perdata maupun Tata Usaha Negara.

Demikian antara lain sambutan Kepala Unit I Perum Perhutani Jawa Tengah Ir. Heru Siswanto MBA pada acara sosialisasi dan penandatanganan naskah kerjasama di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara antara Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dengan Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah di gedung Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Semarang Selasa 22 Februari 2011 yang lalu.

Selanjutnya Kepala Unit I menjelaskan bahwa masih banyak permasalahan penggunaan kawasan hutan, termasuk adanya kewajiban penyerahan tanah kompensasi ataupun tanah penukar yang belum dipenuhi oleh pemohon penggunaan kawasan hutan, khususnya penggunaan kawasan hutan untuk kepentingan umum oleh instansi pemerintah, serta adanya kawasan hutan/ tanah perusahaan yang diterbitkan sertifikat atas nama perorangan oleh Kantor Pertanahan setempat, sehingga hal tersebut memerlukan penyelesaian baik secara litigasi (di dalam Pengadilan) maupun non litigasi (di luar Pengadilan)  

Selain permasalahan penggunaan kawsan hutan tersebut, ada pula kawasan hutan yang telah lama terokupasi oleh masyarakat, bahkan di beberapa lokasii kawasan hutan/tanah perusahaan telah diterbitkan sertifikat oleh Kantor Badan Pertanahan setempat, tentunya hal ini perlu penanganan yang serius.

Banyaknya permasalahan kawasan hutan yang menjadi sengketa tenurial sudah pasti sangat mempengaruhi pelaksanaan tugas-tugas Perhutani yang saat ini sedang dalam proses sertifikasi Pengelolaan Hutan Lestari oleh Lembaga Internasional, oleh karenanya dengan terselenggaranya kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan Naskah kerjasama bidang Perdata dan Tata Usaha Negara ini diharapkan akan dapat menjadi salah satu moment dalam rangka penyelesaian permasalahan melalui bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya dengan tujuan mengembalikan kawasan hutan sebagaimana fungsinya.

Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, kedepan dapat digunakan sebagai dasar lebih lanjut dalam penyelesaian permasalahan kawasan hutan yang ada di tingkat KPH bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri setempat.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Widyo Pramono SH menyatakan antara lain Suatu hal yang mungkin terjadi, Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah sebagai BUMN yang mempunyai peranan sebagai pengelola kawasan hutan negara di wilayah kerja Jawa Tengah yang selalu berhubungan dengan masyarakat, pihak swasta atau badan hukum swasta maupun Instansi Pemerintah terlibat masalah hukum ,misalnya dalam hal penguasaan kawasan hutan yang penyelesaiannya terdapat rasa ketidakpuasan atau conflict of interset.

Apabila hal tersebut terjadi, Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI Pasal 30 Ayat (2) menjelaskan bahwa Kejaksaan sebagai pengacara dapat mewakili Pemerintah/Lembaga Negara baik di dalam maupun di luar pengadilan berdasar surat kuasa khusus, dengan demikian apabila Perhutani Unit I Jawa Tengah didalam pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban menghadapi permasalahan/sengketa Perdata maupun Tata Usaha Negara dapat melibatkan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah guna menangani atau menyelesaikan perkaranya.

Keterlibatan Jaksa sebagai kuasa pemerintah atau pejabat/badan tata usaha negara adalah perwujudan misi Kejaksaan titik berat pada penerapan azas “equality before the law” karena sebagai subyek hukum Kejaksaan sama/setara kedudukannya dengan subyek hukum lain, sehingga berhak untuk mendapatkan pelayanan dan perlindungan hukum.

Sedangkan Kejaksaan Tinggi mempunyai kewenangan untuk memberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum kepada Instansi Pemerintah/BUMN/BUMD imbuhnya..

Hadir dalam acara tersebut antara lain segenap Jajaran Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri se Jawa Tengah, segenap Kepala Biro, General Manager serta segenap Administratur/KKPH se Unit I Jateng.

Humas Unit I  

 

Tue, 14 Aug 2012 @16:49


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah

Telp : 024-8413631 / Fax : 024-8443142


Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah
Jl. Pahlawan No. 15-17 Semarang (50241)
email - perhutanijawatengah@yahoo.com
Yahoo Mesenger
joins us


ShoutMix chat widget

 

Copyright © 2019 Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah · All Rights Reserved