KUR Akan Dinaikkan Jadi Rp 100 Trilliun

 

WONOGIRI- Untuk Mempercepat Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Pemerintah Akan Menaikkan Pemberian Fasilitas Kredit Untuk Rakyat (KUR) Secara Bertahap.

Ditargetkan Sampai Dengan Tahun 2014 Mendatang, Jumlah KUR Yang Akan Diberikan Pemerintah Dilipatgandakan Menjadi Sejumlah Rp 100 Trilliun Per Tahunnya.

“ Saat Ini, Jumlah KUR Setiap Tahunnya Yang Disalurkan Pemerintah Baru Mencapai Rp 20 Trilliun,” Tegas Menteri Kehutanan ( Menhut) Zulkifli Hasan SE, MM. Penegasan Menhut Ini, Jumat Sore (4/2), Disampaikan Saat Melakukan Kunjungan Kerja Ke Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri. Kunjungan Ke Wonogiri Ini, Dilakukan Menhut Bersama Rombongan, Setelah Melakukan Safari Kunker Ke Kabupaten Boyolali Dan Kabupaten Sukoharjo.

Ikut Serta Menyertai Kunker Menhut, Direktur Perhutani Ir Haryono Kusumo, Deputi Perekonomian Rakyat Mewakili Menko Perekonomian Erlangga Malik, Gubernur Jateng Yang Diwakili Sekda Jateng Hadi Prabowo SH, Dirut Bank Jateng Drs. Hariyono Dan Sejumlah Pejabat Teras Pusat Maupun Provinsi Jateng.

Dalam Kesempatan Itu, Menhut Berkenan Menyerahkan Aneka Bantuan Dana Seperti Anggaran Sebanyak Rp 1,3 Miliar Untuk Pembangunan Kebun Bibit Rakyat (KBR) Kepada Bupati Wonogiri Danar Rahmanto. Juga Menyerahkan Bantuan Dana KUR Rp 160 Juta Dari Bank Jateng Kepada Kelompok Tani Kecamatan Bulukerto, Sri Rahayu, Yang Mengolah Hasil Janggelan ( Cincau ) Di Kabupaten Wonogiri.

Bantuan KUR Yang Diserahkan Menhut Ini, Merupakan Bagian Dari KUR Bank Jateng  Cabang Wonogiri, Saat Ini Telah Mencapai Rp 10,9 Miliar Dari Target Sebanyak Rp 11 Miliar. Bersamaan Itu, Menhut Juga Menyerahkan Bantuan Dana KUR Yang Berasal Dari Bank BNI, BRI Dan Mandiri.

Kata Menhut, Melalui KUR Pemerinyah Memberikan Kemudahan Peminjaman Dana Untuk Modal Usaha Rakyat. “ Bagi Kelompok Masyarakat Yang Membutuhkan KUR, Dapat Mengajukan Kredit Rp 20 Juta Tanpa Jaminan. Agunannya Dijamin Pemerintah,” Tandas Menhut. Kemudahan Pemberian KUR Ini Diharapkan Mampu Mengembangtumbuhkan Semua Sektor Usaha Skala Kecil Dan Menengah, Yang Dilakukan Warga Masyarakat. Agar Keberadaannya Dapat Ditingkatkan Pendapatan Dan Kesejahteraannya, Dengan Orientasi Supaya Lingkungan Lestari.

Dalam Acara Tersebut Menhut Juga Mendorong KBR Di Semua Desa Yang Ada Di Wonogiri. Saat Ini, Dari 294 Desa Untuk Tahap Pertama Baru Mkendapatkan Bantuan KBR 25 Desa Yang Masing-Masing Sebesar Rp 50 Juta Per Desa.

“ Secara Bertahap, Sampai Tahun 2014 Mendatang, Semua Desa Di Wonogiri Ditargetkan Telah Mendapatkan Semuanya,” Ujar Menhut Yang Disambut Tepuk Riuh Hadirin.

Bupati Wonogiri Danar Rahmanto, Mengatakan Upaya Mendukung Program Penanaman 1 Miliar Pohon, Kabupaten Wonogiri Telah Berhasil Melampaui Target Dari Yang Ditentukan.

“ Targetnya 4,5 Juta Pohon, Tapi Wonogiri Telah Menanam 7,8 Juta Batang,” Kata Bupati Danar. ( Suara Merdeka/ 5 Februari 2011)

 

Tue, 14 Aug 2012 @16:46


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah

Telp : 024-8413631 / Fax : 024-8443142


Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah
Jl. Pahlawan No. 15-17 Semarang (50241)
email - perhutanijawatengah@yahoo.com
Yahoo Mesenger
joins us


ShoutMix chat widget

 

Copyright © 2019 Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah · All Rights Reserved