JATENG TERBAIK KELOLA HUTAN

 

Kudus- Program satu orang satu pohon telah membuahkan hasil. Keberhasilan program tersebut dibuktikan dengan diraihnya juara I, dua tahun berturut-turut untuk pengelolaan hutan di Jateng. Padahal, di luar Jateng banyak daerah yang memiliki hutan lebat, seperti Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra. “ Ini karena kebersamaan dan pelaksanaan konsep satu orang satu pohon yang baik,” kata Gubernur Jateng, Bibit waluyo saat tanam pohon di Desa Kajar, Kecamatan Dawer kemarin ( 05/02).

Saat ini, sedikitnya 33 juta pohon telah ditanam di seluruh Jateng. Dengan demikian perhatian masyarakat terhadap lingkungan dinilai telah ada,” Jika itu terlaksana, yang untung pun masyarakat sendiri,” terangnya.

Dia mengingatkan, dengan banyaknya pohon yang ditanam, maka kandungan air pun akan bertambah. Adanya air akan memberikan manfaat besar bagi kehidupan, mulai dari air minum hingga untuk irigasi pertanian. “ Dengan banyaknya pohon memungkinkan tak ada wilayah di Jateng terdapat kekeringan,” Jelasnya.

Sedangkan jika masyarakat ingin memotong pohon harus dipikirkan terlebih dahulu. Apakah umur pohon sudah layak potong atau belum. Karena jika asal potong, program satu pohon satu orang tak akan berhasil.

Sehingga, semua masyarakat harus sadar akan pentingnya pohon terhadap kehidupan. Imbas dari adanya keberlangsungan lingkungan air untuk irigasi pertanian pun akan terjaga.

Apalagi saat ini, Jateng sangat memberikan pengaruh besar terhadap penyediaan pangan terutama beras. Bahkan, Jateng mengalami surplus beras hingga Rp 2,9 juta ton karena wilayah Jateng termasuk sentra pertanian yang membutuhkan keberlangsungan irigasi.

Dalam hitungan persen, tambahnya, Jateng menyumbang 16 persen ketahanan pangan secara nasional. “ Surplus beras Jateng mam,pu membantu kebutuhan beras di NTT dan NTB,” jelasnya. (Radar Semarang/6 Februari 2011).

 

 

 

Tue, 14 Aug 2012 @16:46


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah

Telp : 024-8413631 / Fax : 024-8443142


Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah
Jl. Pahlawan No. 15-17 Semarang (50241)
email - perhutanijawatengah@yahoo.com
Yahoo Mesenger
joins us


ShoutMix chat widget

 

Copyright © 2019 Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah · All Rights Reserved