Menjadikan LMDH Mandiri


Paradigma baru pengelolaan SDH (Sumber Daya Hutan) membawa konsekuensi untuk ditindaklankuti secara arif dan bijaksana. Salah satu visi dan misi Perhutani adalah pengelolaan SDH secara partisipatif sesuai dengan karakteristik wilayah, harus dipandang sebagai suatu proses pengelolaan yang tidak dilakukan secara sepihak. Akan tetapi direncanakan dan dilakukan secara bersama-sama dengan masyarakat desa sekitar wilayah kerja Perum Perhutani. Dalam visi dan misi dijabarkan bahwa pengelolaan SDH dilakukan secara adil, demokratis, efisien, proporsional, guna menjamin keberlanjutan fungsi dan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat.
Dalam kebijakan transformasi menuju Perhutani masa depan, guna mencapai kondisi hutan seperti yang tercantum dalam visi dan misi perusahaan perlu dilakukan upaya-upaya terwujudnya pengelolaan yang partisipasif dalam bentuk PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat). Sasaran PHBM dapat dicapai apabila didahului dengan suatu kajian social yang seksama terhadap potensi dan kebutuhan masyarakat setempat. Arahan kajian ini diwujudkan pada penciptaan kemandirian masyarakat desa hutan dalam memenuhi dan mencukupi kebutuhan mereka yang dilakukan bersama LMDH dengan menggunakan teknik-teknik tertentu, guna menggali data dan informasi tentang potensi, masalah dan upaya upaya pemecahan serta pengembangan potensi masyarakat yang pada akhirnya dituangkan dalam bentuk rencana desa/usaha produktif.
Mandiri diartikan sebagai :
-    LMDH yang mempunyai pengertian, kesadaran, dan kemauan suatu pemanfaatan SDH dan bagaimana peran sertanya dalam program PHBM.
-    LMDH yang mengenal arti Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera yang dapat dicapai secara bertahap, sesuai dengan meningkatnya kemampuan.
-    LMDH yang mempunyai kesadaran akan tanggung jawab bersama suatu pemanfaatan SDH dan memelihara ketertiban dan kemajuan dengan dijiwai semangat gotong-royong.

Tue, 14 Aug 2012 @16:32


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah

Telp : 024-8413631 / Fax : 024-8443142


Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah
Jl. Pahlawan No. 15-17 Semarang (50241)
email - perhutanijawatengah@yahoo.com
Yahoo Mesenger
joins us


ShoutMix chat widget

 

Copyright © 2019 Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah · All Rights Reserved