PERHUTANI SIAP SUKSESKAN PENANAMAN 1 MILYAR POHON

image

Issue perubahan iklim merupakan issue yang semakin menguat akhir-akhir ini. Fenomena alam yang tidak lazim kerap kita temui seperti menipisnya lapizan ozon di kutub utara, banjir, longsor, polusi. Ketertarikan untuk mengamati fenomena alam ini semakin kuat setelah terjadinya hujan meteor beberapa waktu yang lalu. Departemen Kehutanan salah satu institusi yang semakin diharapkan perannya dalam mengatasi issue tersebut. Salah satu program yang diluncurkan adalah PENANAMAN POHON 1 MILYAR. Program ini merupakan kelanjutan program serupa yang telah dilaksanakan beberapa tahun belakangan ini.

Disadari bahwa Program Penanaman Pohon satu milyar ini akan semakin luas gaungnya dengan menggandeng berbagai pihak terutama Kementerian BUMN yang memiliki kemampuan dalam menggerakkan BUMN untuk ikut membantu program tersebut. Pada tanggal 6 Mei 2010 Departemen Kehutanan menandatangani perjanjian kerjasama tentang Partisipasi dalam Percepatan Program Pemerintah dalam Penanaman Pohon 1 Milyar. Menteri BUMN Mustafa Abubakar menyambut baik kerjasama ini dan hal ini merupakan kekuatan yang saling bersinergi serta sekaligus merupakan kelanjutan dari perjanjian kerjasama internasional. Indonesia menjadi Negara terdepan dalam upaya mengatasi krisis global warming dan merupakan Negara penggagas dan siap melaksanakan penurunan emisi 26% sampai tahun 2020. Untuk melaksanakan program ini BUMN seperti Perhutani dan Inhutani telah memiliki sumberdaya manusia, dana dan jaringan sehingga dapat berperan mempercepat program sehingga penanaman pohon 1 milyar bisa segera terwujud.

Men teri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan ini merupakan bentuk sinergi antar lembaga pemerintah dalam mempercepat program penanaman 1 milyar. Pendanaannya menggunakan dana CSR/dana bina lingkungan atau dana lain sesuai peraturan perundang-undangan. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan BUMN yang berada di bawah Kementerian BUMN seperti Perum Perhutani dan Inhutani serta tidak menutup kemungkinan Pertamina, dan lainnya. Perum Perhutani yang selama ini mengelola hutan di Jawa dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan program, bukan hanya di Jawa bahkan di luar Jawa demikian kata Menteri Kehutanan. Menanggapi hal ini Direktur Utama Perum Perhutani Upik Rosalina Wasrin menyatakan kesiapannya untuk ikut mendukung program penanaman pohon 1 milyar ini, karena Perhutani telah memiliki pengalaman yang cukup dalam penanaman pohon dan SDM yang ada siap dilibatkan dalam berbagai kegiatan. Ditulis Oleh Humas Perum Perhutani   

Tue, 14 Aug 2012 @15:55


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Welcome
image

Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah

Telp : 024-8413631 / Fax : 024-8443142


Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah
Jl. Pahlawan No. 15-17 Semarang (50241)
email - perhutanijawatengah@yahoo.com
Yahoo Mesenger
joins us


ShoutMix chat widget

 

Copyright © 2019 Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah · All Rights Reserved